SEMARANG (Pertamanews.id) – Program Pascasarjana Magister Manajemen (MM) Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Semarang, sebagai inisiatif baru dalam menghadirkan pendidikan tinggi yang berkualitas di bidang manajemen. Langkah ini merupakan, bagian dari komitmen STIE Semarang dalam memberikan pendidikan yang relevan dengan kebutuhan industri dan pasar kerja saat ini.

Program Magister Manajemen dirancang, untuk mempersiapkan calon-calon pemimpin bisnis dan manajemen serta pemerintahan, yang memiliki pemahaman mendalam tentang konsep-konsep manajemen modern dan keterampilan praktis yang diperlukan untuk sukses di lingkungan bisnis dan pemerintahan yang dinamis.

Program ini nantinya, juga akan menawarkan kurikulum yang komprehensif, menekankan pemahaman dan penguasaan manajemen pemerintahan, manajemen pemasaran, manajemen kewirausahaan dan konsep-konsep kunci sumber daya manusia, alat, dan teknologi yang dibutuhkan oleh para profesional masa depan.

Selain itu, dalam upaya untuk meningkatkan kapasitas SDM di sektor pemerintahan, Direktur Program Studi Magister Manajemen (MM) STIE Semarang Dr.St Sunarto,MS mengatakan, program studi Magister Manajemen menghadirkan program Kepemerintahan. Program ini akan memberikan pemahaman yang mendalam tentang dinamika dan tantangan dalam pengelolaan pemerintahan, baik di tingkat nasional maupun lokal.

Program Studi ini juga, memfokuskan pada pengelolaan dan manajemen kepemerintahan dari tingkat nasional hingga tingkat desa dan kelurahan. Dengan semakin kompleksnya tantangan yang dihadapi oleh pemerintah, baik dalam skala nasional maupun lokal, kebutuhan akan para profesional yang terlatih dalam manajemen pemerintahan semakin meningkat.

“Prodi S-2 MM STIE Semarang ini memiliki perhatian pada pengelolaan dan manajemen kepemerintahan. Tata kelola pemerintahan sangat penting termasuk hingga tingkat desa dan kelurahan. Kami bertekad untuk bisa mencetak lulusan unggul mendukung sumber daya manusia (SDM) di dalam manajemen pemerintahan di Tanah Air,” kata St Sunarto, beberapa waktu yang lalu.

Para mahasiswa juga akan diberikan kesempatan untuk terlibat dalam proyek-proyek penelitian dan magang di perusahaan-perusahaan terkemuka untuk memperoleh pengalaman praktis yang berharga.

Magister Manajemen dengan Akreditasi Baik

Diketahui, Program Studi Magister Manajemen STIE Semarang telah mendapatkan akreditasi Baik dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT), sesuai dengan Surat Keputusan Nomor 136/DE/A.5/AR.10/XII/2022. Dengan Surat Keputusan izin operasional dari Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 59/E/0/2014.

Dengan adanya akreditasi Baik dari BAN-PT, siap menghasilkan lulusan yang memiliki pemahaman mendalam tentang konsep-konsep manajemen terkini serta keterampilan praktis yang dibutuhkan untuk berhasil di dunia bisnis yang kompetitif saat ini. Adapun 3 bidang konsentrasi yakni, Manajemen Pemasaran, Manajemen Sumber Daya Manusia dan Manajemen Keuangan.

Program pascasarjana ini akan membantu mempersiapkan generasi masa depan pemimpin bisnis dan manajemen yang berkualitas dan kompeten dalam menghadapi tantangan global yang kompleks.

Sarana dan Prasarana Terbaik
STIE Semarang menyediakan sarana dan prasarana terbaik guna mendukung kegiatan belajar mengajar para mahasiswa. Dalam upaya memastikan pengalaman pendidikan yang berkualitas, STIE Semarang telah menginvestasikan secara besar-besaran dalam fasilitas yang diperlukan.

Ruang Kelas Modern
Terdapat ruang kelas dengan kapasitas 25 tempat duduk, dilengkapi dengan LCD projector dan LED TV 50″. Fasilitas ini memungkinkan penggunaan teknologi terbaru dalam penyampaian materi pembelajaran serta mendukung interaksi antara dosen dan mahasiswa.

Laboratorium Komputer yang Lengkap
Laboratorium komputer STIE Semarang memiliki kapasitas 25 tempat duduk dan dilengkapi dengan perangkat lunak terkini serta akses internet yang cepat. Hal ini memungkinkan mahasiswa untuk mengembangkan keterampilan teknologi informasi yang diperlukan dalam analisis data dan pemecahan masalah.

Laboratorium Pasar Modal dan Tax Center
STIE Semarang juga menyediakan laboratorium khusus untuk studi pasar modal dan pajak. Fasilitas ini memungkinkan mahasiswa untuk memahami praktik terkini dalam dunia keuangan dan perpajakan serta mengembangkan keterampilan praktis dalam analisis keuangan dan perencanaan pajak.

Perpustakaan yang Komprehensif
Perpustakaan STIE Semarang terdiri dari Ruang Referensi yang dilengkapi dengan koleksi buku, jurnal, dan publikasi terkini dalam bidang manajemen dan ekonomi. Selain itu, mahasiswa juga memiliki akses ke Virtual Library, yang memungkinkan mereka untuk mengakses berbagai sumber daya elektronik dari mana saja dan kapan saja.

Dengan menyediakan sarana dan prasarana yang lengkap dan mutakhir, STIE Semarang bertujuan untuk menciptakan lingkungan pembelajaran yang kondusif dan memastikan bahwa para mahasiswa Program Magister Manajemen dapat mengembangkan potensi mereka secara maksimal.

Informasi Pendaftaran

Dengan dibukanya pendaftaran mahasiswa baru, Ketua Program Magister Manajemen (MM) STIE Semarang, Dr. Rokhmad Budiyono, SPd, MM mengatakan, kurikulum Program Magister Manajemen untuk semester ganjil 2024 sejalan dengan peraturan baru yang dikeluarkan oleh Kementerian Pndidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) pada tahun 2023.

Mahasiswa S2 hanya perlu menempuh 36 SKS untuk menyelesaikan program studi mereka. Hal ini mengakibatkan beban SKS yang relatif ringan bagi mahasiswa S2, dan banyak dari mereka mungkin belum menyelesaikan beban SKS yang memadai untuk lulus.

” Program Pasca Sarjana S2 MM STIE Semarang menerima pendaftaran semester genap 2023. Di semester genap ini masih kurikulum lama, sehingga mahasiswa S2 cukup menempuh 36 sks. Sehingga beban SKS mahasiswa untuk lulus S2 belum banyak. Berbeda dengan tahun ajaran baru semester ganjil 2024, sudah diterapkan kurikulum baru sesuai dengan peraturan baru Dikti tahun 2023 yang mewajibkan S2 minimal menempuh 60 SKS,” jelas Dr. Rokhmad.

Untuk calon mahasiswa yang ingin mendaftar ke Program Magister Manajemen di STIE Semarang, berikut adalah syarat-syarat yang diperlukan untuk pendaftaran:

  1. Foto kopi Kartu Tanda Penduduk (KTP).
  2. Foto kopi Kartu Keluarga (KK).
  3. Foto kopi ijazah S1 yang telah dilegalisir.
  4. Foto kopi transkrip nilai S1 yang telah dilegalisir.
  5. Dua lembar foto berwarna ukuran 3×4.
  6. Dua lembar foto berwarna ukuran 4×6.

Selain itu, terdapat biaya pendaftaran dan matrikulasi yang perlu dibayarkan:
Biaya Pendaftaran: Rp 500.000,-
Biaya Matrikulasi: Rp 1.500.000,-

Total biaya pendaftaran dan matrikulasi adalah Rp 2.000.000,-. Pembayaran dapat dilakukan melalui transfer ke rekening Bank BRI dengan nomor rekening 043501100100309 atas nama Yayasan Pendidikan Akademi Koperasi Semarang.

Dengan lengkapnya syarat-syarat pendaftaran dan penjelasan mengenai biaya yang diperlukan, diharapkan calon mahasiswa dapat mempersiapkan diri dengan baik untuk mendaftar ke Program Magister Manajemen di STIE Semarang.