SUKABUMI (Pertamanews.id) – Pembangunan infrastruktur merupakan salah satu pilar utama dalam mencapai kemajuan suatu negara. Sebagai bagian dari upaya untuk mewujudkan pembangunan strategis nasional, PT PLN (Persero) Unit Induk Pembangunan Jawa Bagian Tengah (PLN UIP JBT) telah melakukan langkah proaktif dengan mengadakan kunjungan dan diskusi dengan Kejaksaan Agung Republik Indonesia (Kejagung RI) serta jajaran Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) dan Forum Komunikasi Pimpinan Kecamatan (Forkompimcam) di wilayah Sukabumi.

Kegiatan ini menjadi langkah penting dalam meningkatkan sinergi dan kolaborasi dalam mendukung pembangunan infrakstruktur ketenagalistrikan khususnya pembangunan SUTT 150 kV Pelabuhan Ratu – Pelabuhan Ratu Baru.

Proyek jaringan transmisi tersebut memiliki dampak yang signifikan bagi masyarakat, terutama di wilayah pesisir Sukabumi Selatan untuk memastikan keandalan sistem dan distribusi kelistrikan. Peningkatan kapasitas dan kualitas pelayanan listrik akan membawa dampak positif bagi masyarakat, baik dalam sektor perumahan maupun industri. Hal ini tentunya akan mendukung pertumbuhan ekonomi lokal dan kesejahteraan masyarakat secara keseluruhan. Infrastruktur energi yang handal dapat menjadi pendorong untuk pengembangan potensi ekonomi lokal, seperti pariwisata dan industri kecil menengah.

Dalam pertemuan tersebut, beberapa hal yang menjadi fokus antara lain pentingnya koordinasi pelaksanaan proyek dalam memastikan terjalinnya koordinasi yang efektif antara PLN UIP JBT dan Kejagung RI untuk kelancaran pelaksanaan proyek, termasuk pengawasan dan penyelesaian potensi masalah yang mungkin timbul. Tak kalah penting dari hal tersebut yaitu penguatan kerja sama untuk memastikan bahwa seluruh aspek proyek, termasuk perizinan dan pengawasan, mematuhi ketentuan hukum yang berlaku.

Senior Manager Perijinan, Pertanahan dan Komunikasi, Achmad Ismail menyampaikan bahwa dukungan penuh dari berbagai elemen lembaga pemerintahan ini akan semakin memajukan pembangunan infrastruktur energi demi kesejahteraan masyarakat.

“Kolaborasi antara PLN UIP JBT, Kejagung RI, serta dukungan dari Forkopimda hingga forkopimcam setempat menunjukkan komitmen bersama yang kuat dalam mendukung pembangunan proyek SUTT 150 kV Pelabuhan Ratu – Pelabuhan Ratu Baru,” ujar Achmad.

Achmad melanjutkan bahwa keberhasilan pembangunan infrastruktur kelistrikan suatu daerah adalah sangat penting dan krusial karena akan menjadi tonggak utama pembangunan suatu daerah.

Diharapkan, dengan kerja sama yang baik antara berbagai pihak terkait, proyek ini dapat terealisasi dengan lancar dan memberikan manfaat yang besar bagi masyarakat, terutama di wilayah pesisir Sukabumi Selatan. Ini adalah langkah konkret dalam mendukung visi pembangunan nasional untuk menciptakan Indonesia yang lebih maju dan berkelanjutan,” tutup Achmad.