BANJARNEGARA (Pertamanews.id) – Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Jawa Tengah, Ferry Wawan Cahyono, menegaskan pentingnya peran generasi muda dalam melestarikan kebudayaan daerah.

Hal itu disampaikannya, saat kegiatan Media Tradisional bersama pemuda dan menampilkan seni tradisonal Ebeg (kuda Lumping), dengan mengusung tema Pelestarian ‘Budaya Lokal untuk Menjaga Keutuhan Bangsa’, di Wisata Mandaran, Dawuhan, Kecamatan Wanayasa, Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah.

Ferry menekankan bahwa memelihara warisan budaya adalah tanggung jawab bersama.

“Dalam era globalisasi ini, kita tidak boleh lupa akan asal-usul dan identitas budaya kita. Generasi muda harus bangga dan tidak malu untuk turut serta dalam upaya melestarikan kekayaan budaya yang dimiliki oleh daerah kita masing-masing,” ujar Ferry.

Ia juga menyoroti betapa pentingnya pendidikan budaya di sekolah-sekolah. Menurutnya, pendidikan formal harus melibatkan unsur-unsur kebudayaan lokal agar generasi muda dapat lebih menghargai dan memahami warisan budaya yang ada.

“Dengan memahami dan mengapresiasi kebudayaan daerah, generasi muda akan lebih termotivasi untuk melindungi dan mewariskannya kepada generasi selanjutnya,” tambahnya.

Para pemuda yang hadir dalam pertemuan tersebut menyambut baik pesan dari Ferry, Mereka optimis untuk aktif terlibat dalam upaya pelestarian kebudayaan daerah serta menyebarkan nilai-nilai tersebut kepada teman-teman sebaya mereka.